Pages

Senin, 10 Juni 2013

Lalai Lunasi BPIH, Kuota Dialihkan

"Sudah kami sebarkan, termasuk sanksi bagi yang tidak melunasi BPIH, yakni kuotanya akan diberikan pada calon haji lanjut usia yang telah terdaftar," ujarnya.

Di Kabupaten Lebak, pelunasan BPIH oleh jemaah calon haji setempat mencapai 74 persen atau 384 dari kuota 519 orang.

"Kami optimistis setoran biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) pekan depan sudah lunas semua," kata Kepala Seksi Urusan Haji Kabupaten Lebak Haerudin.

Ia mengatakan batas akhir pelunasan BPIH 22 Juni 2013, dan diharapkan semua calon haji sudah melunasinya. Pelunasannya melalui bank yang ditunjuk pemerintah yakni BRI, BNI, dan Bank Banten Jabar.

"Kami meminta semua calon haji bisa melunasi BPIH sebelum batas waktu yang ditetapkan Kementerian Agama," katanya. Menurut dia, kuota haji untuk Kabupaten Lebak pada 2013 sebanyak 519 orang.

"Sebagian calon haji sudah memiliki paspor karena Kantor Imigrasi Serang melakukan 'jemput bola'," katanya.
Para calon haji sebelumnya sempat mengeluhkan pembuatan paspor harus pergi ke Serang dengan jarak tempuh cukup jauh.

Apalagi, kata dia, calon haji warga Kecamatan Cilograng, Cibeber, dan Bayah harus mengeluarkan biaya angkutan, makan dan penginapan.

Karena itu, pelayanan "jemput bola" sangat membantu petugas dan calon haji dalam mengurus pembuatan paspor.
"Kami berharap Kantor Imigrasi bisa melayani pembuatan paspor di Rangkasbitung," katanya. Ia menyebutkan keberangkatan musim haji tahun ini dilaksanakan September 2013.

"Kami meminta para calon haji selalu menjaga kesehatan karena pelaksanaan ibadah haji membutuhkan stamina yang baik," katanya.

Ahmad, calon haji asal Kabupaten Lebak, yang belum melunasi BPIH menyatakan akan melunasi kewajibannya tersebut sebelum batas akhir yang telah ditetapkan.

"Rencananya saya akan melunasi sisa BPIH pada Senin (11/6). Saya juga tidak ingin jatah saya diaberikan pada orang lain," katanya.

Kalau tidak berangkat sekarang, kata dia, maka harus menunggu beberapa tahun ke depan untuk bisa berangkat menunaikan ibadah haji, jadi kesempatan untuk berhaji tahun ini tidak akan disia-siakan.

0 komentar:

Posting Komentar